Makanan Diabetes | Berbagai Makanan Untuk Diabetes

Makanan Diabetes | Berbagai Makanan Diabetes Yang Bagus Untuk Penderita Diabetes Melitus

Bagi penderita diabetes melitus baik yang tipe 1 atau tipe 2, menjaga asupan makanan, adalah hal mutlak agar kadar gula dalam darah tetap stabil dan mengurangi risiko komplikasi diabetes melitus.

Usaha mengontrol kadar gula darah tidak semata-mata fokus pada makanan diabetes, ada hal lain yang perlu dihindari misalnya dengan cara membatasi asupan nasi putih, gorengan dan makanan olahan yang berlemak.

Usaha mengontrol kadar gula darah juga dapat dilakukan dengan memperhatikan makanan yang sebaiknya dikonsumsi juga sangat perlu diketahui seorang penderita diabetes melitus.

Makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengontrol gula darah? Pakar nutrisi diabetes melitus menganjurkan agar diabetisi mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi sehat, seperti serat, omega-3, kalsium, dan vitamin D yang kemudian kita sebuh makanan diabetes.

Berikut beberapa makanan penderita diabetes melitus:

Kacang polong

makanan diabetes kacang polong

Makanan diabetes pertama adalah kacang polong karena tinggi serat. Serat merupakan komponen tumbuhan yang membuat anda kenyang, menstabilkan kadar gula darah, dan bahkan menurunkan kolesterol. Setengah cangkir kacang hitam mengandung sekitar 7 gram serat. Selain itu, kacang polong juga mengandung kalsium, mineral yang terbukti membantu membakar lemak tubuh. Kacang polong adalah makanan diabetes terbaik yang bisa di konsumsi sesering mungkin. Setengah cangkir mengandung sekitar 100 gram kalsium, sekitar 10 persen dari asupan harian. Di samping itu, kacang polong juga merupakan sumber makanan yang kaya protein. Berbeda dengan sumber protein hewan (daging), kacang polong rendah lemak jenuh, lemak yang menyumbat arteri dan memicu penyakit jantung.

Susu

makanan diabetes susu

Produk susu, seperti susu, keju dan yogurt, kaya kalsium dan vitamin D. Sebuah studi, seperti dikutip situs prevention.com, menemukan, perempuan yang mengonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium atau lebih dari 800 internasional unit (IU) vitamin D sehari berisiko 33 persen lebih rendah menderita diabetes melitus dibandingkan mereka yang mengonsumsi kedua nutrisi ini dalam jumlah kurang. Tapi, pastikan memilih produk susu yang rendah atau bebas lemak. Susu adalah salah satu makanan untuk diabetes yang bagus.

Salmon

makanan diabetes salmon

Siapa yang tidak mengenal salmon? Makanan diabetes selanjutnya adalah salmon, salmon kaya asam lemak omega-3. Tiga ons salmon menyediakan sekitar 1.800 mg omega-3. Jenis lemak sehat ini berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, serta memperbaiki resistensi insulin. Selain itu, ikan ini juga mengandung vitamin D. Salmon adalah salah satu makanan untuk diabetes daging yang sehat untuk tubuh anda.

Tuna

makanan diabetes tuna

Selain ikan salmon, tuna merupakan jenis ikan sehat yang juga kaya asam lemak omega-3. Tiga ons tuna menyumbangkan 1.300 mg omega-3 dan sejumlah vitamin D. Tuna juga merupakan salah satu makanan diabetes daging yang sehat untuk tubuh penderita diabetes.

Oats

makanan diabetes oats

Makanan diabetes pengganti nasi atau karbohidrat adalah Oats. Oats kaya serat, setengah cangkir oat instan menyumbangkan empat gram serat. Penelitian menunjukkan bahwa pencinta oat bisa menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat LDL serta memperbaiki resistensi insulin. Kandungan serat dalam oat memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat. Karena itu, kadar gula darah Anda akan tetap stabil. Bagi penderita diabetes yang bingung pengganti nasi itu apa, maka oats adalah salah satu makanan diabetes yang dapat menggantikan nasi atau karbohidrat lainnya.

Biji rami

makanan diabetes biji rami

Biji rami kaya akan serat dan alpha-linolenic acid (ALA), yang akan diubah tubuh menjadi omega-3 EPA dan DHA. Beberapa studi besar telah menemukan hubungan antara peningkatan asupan ALA dan penurunan kejadian penyakit jantung, serangan jantung, serta gangguan kardiovaskular lainnya. Biji berukuran kecil ini juga dinyatakan bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Biji rami merupakan salah satu makanan diabetes yang terpilih membantu penderita diabetes mendapatkan asupan yang cukup tanpa melambung tinggikan gula darah.

Kenari

makanan diabetes kacang kenari

Satu ons kacang sehat ini (sekitar tujuh biji) mengandung 2 gram serat dan 2,6 gram ALA. Tapi, jumlah tersebut juga menyumbangkan 185 kalori. Jadi, perhatikan jumlah asupan jika Anda sedang mempertahankan berat badan. Makanan diabetes ini perlu perhatian khusus agar tidak konsumsi berlebihan.

Selai kacang

makanan diabetes selai kacang

Beberapa studi telah menyatakan bahwa selai kacang merupakan salah satu makanan diabetes yang bisa mengurangi risiko diabetes melitus. Kandungan serat di dalamnya (dua sendok makan mengandung 2 gram serat) turut berperan dalam penurunan risiko ini. Selain itu, selai kacang juga mengandung lemak tunggal tidak jenuh yang baik untuk jantung. Tapi, makanan ini juga kaya kalori. Karena itu, perhatikan takaran asupan Anda.

Cokelat hitam (dark chocolate)

makanan diabetes coklat hitam

Mengapa cokelat hitam menjadi salah satu makanan diabetes? Ternyata Cokelat ini kaya antioksidan flavonoid, yang berfungsi memperbaiki kadar kolesterol baik dan jahat serta mengurangi tekanan darah. Tetap perlu dijaga asupannya agar tidak berlebihan.

Memang penderita diabetes harus sementara pilih-pilih makanan dulu untuk menjaga agar asupan gula ke dalam tubuh dapat di batas normal, namun ada cara lain untuk mengatasi diabetes melitus yaitu dengan cara memperbaiki sel beta pankreas agar dapat menghasilkan insulin lagi, sehingga penderita diabetes melitus dapat bebas makan apa saja namun tetap kadar gula dalam darah masih dalam batas normal, untuk tahu caranya anda bisa klik Cara Mengatasi Tuntas Diabetes Melitus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s